Dikutip dari Diah Ayuningsih
M.Psi,’’Psikologi Perkembangan Anak’’
Perkembangan
merupakan proses yang tidak akan berhenti dan setiap perkembangan memiliki
tahap-tahap perkembangan yaitu:tahap dikenangkan,tahap kandungan,tahap
anak,tahap remaja,tahap dewasa dan tahap lansia.
PERIODE
PERKEMBANGAN
Teori
periodesasi perkembangan dapat digolongkan menjadi 3 macam yaitu:
1.
Periodesasi berdasarkan
perkembangan biologis
Periodesasi
berdasarkan perkembangan biologis adalah periodesasi yang membahas tentang
kondisi atau proses pertumbuhan biologis anak, karena pertumbuhan biologis ikut
berpengaruh terhadap perkembangan kejiwaan seseorang anak.Beberapa menurut ahli
yaitu:
ü Kretschmer
Kretschmer
membagi perkembangan anak menjadi 4 fase yaitu:
a)
Fullungsperiode I (usia
0-3 tahun)
Ciri-ciri
perkembangan,badan gemuk,bersikap terbuka,mudah bergaul dan mudah didekti.
b)
Strecungsperiode I (usia
3-7 tahun)
Kondisi
badan anak lansing,sikap anak cendrung tertutup,sukar bergaul dan sulit
didekati.
c)
Fullungsperiode II (usia
7-13 tahun)
Kondisi
anak kembali menggemuk
d)
Strecungsperiode II (usia
13-20 tahun)
Pada
saat ini kondisi fisik anak kembali
lansing.
ü Aristoteles
Aristoeles
merumuskan perkembangan anak dengan 3 fase perkembangan yaitu:
1)
Fase 1 (usia 0-7 tahun)
Pada
usia ini disebut masa anak kecil dan kegiatan pada fase ini hanya bermain.
2)
Fase 2 (usia 7-14 tahun)
Pada
usia ini disebut masa anak atau masa sekolah dimana kegiatan anak dimulai dari
belajar di sekolah dasar.
3)
Fase 3 (usia 14-21 tahun
)
Masa
ini disebut masa remaja atau pubertas,masa ini adalah masa peralihan dari
anak-anak menjadi dewasa
2.
Periodesasi Perkembangan
Didaktis
Periodesasi
perkembangan didaktis adalah periodesasi
yang pembahasannya berdasrkan keperluan atau materi apa yang tepat untuk
diberikan kepada anak didik pada masa-masa tertentu,serta memikirkan tentang
kemungkinan metode yang efektif untuk diterapkan dalam mengajar atau mendidik
anak pada masa tertentu tersebut.
Beberapa
menurut ahli:
a.
Dr.Maria Montesorri
Tahap-tahap perkembangan anak yaitu:
o
Usia 1-7 tahun,adalah
masa penerimaan dan pengaturan ransangan dari dunia luar
o
Usia 7-12 tahun adalah
masa anak sudah mulai memperhatikan masalah kesusilaan,mulai berfungsi perasaan
ethisnya yang bersumber dari kata-kata hatinya dan mulai tahu kebutuhan orang
lain.
o
Usia 12-18 tahun adalah
masa penemuan diri serta kepuasan
terhadap masalah-masalah sosial.
o
Usia 18-24 tahun adalah
masa pendidikan di perguruan tinggi,masa melatih anak akan realitas kepentingan
dunia,ia harus mampu berfikir secara jernih dan jauh dari perbuatan tercela.
b.
Jean Jeaques Resseau
Jean
membagi tahapan perkembangan anak atas:
v Usia
0-2 tahun adalah masa asuhan
v Usia
2-12 tahun adalah masa pentingnya pendidikan jasmani dan alat-alat indra.
v Usia
12-15 tahun adalah masa perkembangan pikiran
v Usia
15-20 tahun adalah masa pentingnya pendidikan dan pembentukan watak,kesusilaan
dan pembinaan mental agama.
3.
Priodesasi Perkembangan
psikologis
Pada
perkembangan ini para ahli beorientasi pada sudut pandang psikologis dan gejala perkembangan jiwa anak dan tidak
pada sudut pandang biologis ataupun didaktis.
Menurut
Oswald Kroh,bahwa pada dasranya perkembangan jiwa anak berjalan secara
evolutif,dan pada umumnya prosesnya pada waktu-waktu tertentu akan mengalami kegoncangan
(aktifitas revolusi),masa kegoncangan ini disebut trotz priode dan biasanya
anak mengalaminya 2 kali yakni trotz I sekitar usia 3/4 tahun. Dan trotz ke 2
pada usia 12 tahun bagi perempuan dan 13 tahun bagi laki-laki.Secara ringkas
dapat digambarkan sebagai berkut:
§ Dari
lahir hingga trotz periode 1 disebut sebagai masa anak-anak awal (0-3/4 tahun )
§ Daritrotz
periode 1 hingga periode 2,disebut masa keserasian bersekolah (3/4-12/13 tahun
)
§ Dari
trotz periode 2 hingga akhir masa remaja disebut masa kematangan (12/13-21
tahun)
4.
Gabungan dari Ketiga
Kelompok oleh Khonstamm
Ia
menyebutkan pandangan ini secara flectis,walaupun lebih berorientasi pada dasar
psikologis.yaitu:
0- 2 tahun disebut masa
vital
2-7 tahun disebut masa
esthetis
7-12/13 tahun disebut
perkembangan intelektual
12/13-20 tahun disebut
masa sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar