Jumat, 14 Desember 2012

ALAT PERMAINAN EDUKATIF


ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE)

1.      RUMAH HITUNG

a.      Fungsi
·         Mengenal penambahan-pengurangan
·         Membilang
·         Konsep sama- tidak sama
b.      Alat dan Bahan
1.      Kardus
2.      Karton
3.      Isolatif
4.      Spidol, Krayon, Pensil Warna
5.      Kantong Plastik ukuran ½ kg 3 buah
c.       Cara Membuat
·         Rumah Kardus
ü  Potong kardus berbentuk rumah dan warnai
ü  Tempelkan kantong plastik dengan isolatip disekeliling kecuali bagian atas, sehingga membentuk saku kantong sebanyak 3 buah
ü  Beri tanda + diantara kantong 1&2 dan tanda = diantara 2&3
·         Kartu Gambar
ü  Potong karton dengan ukuran lebih besar ukuran kantong plastik
ü  Buat gambar bunga, buah dan lainnya sesuai dengan konsep bilangan yang akan diajarkan, misalnya 1 sampai dengan 10

d.      Cara Menggunakan atau Langkah Kegiatan
·         Letakkan rumah hitung yang dapat dilihat oleh anak
·         Kenalkan rumah hitung pada anak
·         Letakkan kartu gambar pada kantong pertama dan kedua, kemudian minta anak untuk menghitung gambar yang ada pada kartu
·         Setelah kartu pada kartu pada kantong pertama dan kedua diletakkan kemudian minta lah anak untuk menjumlahkan kartu gambar yang ada pada kantong 1 & 2
·         Anak memasukkan kartu hasil dari penambahan.
·         Guru dan anak membahas kegiatan yang dilakukan selama satu hari
·         Anak diminta untuk menceritakan kembali apa-apa saja yang telah dipelajarinya

e.       Aspek-aspek yang dikembangkan dari anak
a.       Kognitif
Anak dapat berhitung, menjumlah dan mengurang serta mengenal konsep sama dan tidak sama.
Melatih konsentrasi anak
b.      Afektif
Ketika anak berhasil menjawab pertanyaan dengan benar maka anak akan merasa senang
c.       psikomotor
motorik halus anak berkembang ketika anak berhitung sambil menunjukkan gambar serta meletakkan gambar pada rumah hitung

2.      MENYUSUN MENARA

a.             Fungsi
·         Melatih koordinasi mata dan tangan
·         Melatih emosi
·         Mengenal konsep besar dan kecil
·         Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dan warna
b.             Alat dan Bahan
1.      Karton tiga dimensi/ kertas pelangi/ kertas warna
2.      Lem
3.      Gunting
4.      Penggaris
c.                  Cara Membuat
·         Buat jaring-jaring kubus pada kertas karton dengan ukuran sisi-sisinya 2 cm, 4 cm, 6 cm, 8 cm,dan 10 cm.
·         Gunting kertas tersebut sesuai dengan pola
·         Lipat sisinya agar mudah dibentuk
·         Lem sisi kubus tersebut sehingga menjadi sebuah kubus
·         Buatlah dengan cara yang sama dengan ukuran dan warna yang berbeda pada kubus lainnya.

d.                 Cara Menggunakan
·         Guru menyapa anak dan menanyakan kabar anak
·         Guru mengadakan apersepsi atau menjangkau pengetahuan anak terkait dengan tema yang akan dibahas.
·         Guru meminta salah satu anak untuk memimpin doa untuk memulai pelajaran.
·         Kenalkan kubus pada anak
·         Tempatkan kubus didepan dengan urutan acak
·         Kenalkan konsep warna pada anak
·         Mintalah anak untuk menyusun kubus dari ukuran terbesar sampai terkecil sehingga membentuk menara
·         Selanjutnya anak di bagi menjadi dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 5 orang
·         Anak berlomba menyusun menara, dimana kubus-kubus tersebut diletakakkan digaris star.
·         Anak pertama memilih menara yang ukurannya paling besar untuk diletakkan pada posisi pertama dengan jalan berjinjit.
·         Apabila anak pertama telah sampai kegaris finish dan meletakkan kubus tersebut, maka dilanjutkan dengan anak kedua untuk memilih kubus sesuai dengan urutan dan warna yang sama.
·         Begitu seterusnya hingga kubus berhasil tersusun seperti menara
·         Anak yang berhasil menyusun menara terlebih dahulu akan menjadi pemenang.
·         Guru meminta salah satu anak untuk menceritakan apa yang telah dipelajarinya

e.       Aspek yang dikembangkan
a.       Kognitif
Anak mampu mengurutkan kubus-kubus/ menara dari yang paling besar sebagai dasar menara dan yang paling kecil sebagai ujung/puncak menara.
Anak mengenal konsep warna dan dapat membedakan warna.
setelah menara selesai disusun anak menghitung jumlah menara (berapa buah kubus yang ada
b.      Afektif
Melatih kesabaran anak ketika anak satu persatu menyusun menara hingga mencapai puncak .
Melatih kejujuran anak ketika ada  menara yang disusun tidak sesuai dengan peraturan permainan.
Kerja sama dalam tim, jika anak yang satu gagal menusun menara, atau menjatuhkan menara, maka akan menyulitkan pemain sesudahnya, jadi disini dituntut kerjasama dan kekompakan antar anak agar meyusun menara dengan benar
c.       Psikomotor
Motorik halus anak akan berkembang ketika anak menyusun menara
Motorik kasar anak berkembang jika permainan menyusun menara disertai dengan perlombaan berlari dari titik A ke titik B tempat menara akan disusun.




3.      PAPAN KONSEP HARI


a.      Fungsi
·         Menyebutkan nama-nama hari
·         Mengenal konsep waktu kemarin, hari ini, besok dan lusa
b.      Alat dan Bahan
1.      Karton
2.      Kantong Plastik
3.      Tali, Isolatif
4.      Spidol, pensil Warna
c.       Cara Membuat
·         Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
·         Gunting karton dengan ukuran 65x40 cm
·         Tulis konsep hari ; kemarin, hari ini, besok, dan lusa
·         Gunting karton ukuran 11 cm sebanyak 7 lembar dan tuliskan nama hari dalam seminggu
·         Beri tali pada karton agar dapat digantung
·         Tempelkan plastik tepat dibawah konsep hari dengan isolatif pada ketiga sisi kecuali bagian atas
d.      Cara Menggunakan atau Langkah Kegiatan
·         Guru mempersiapkan anak untuk memasuki kelas
·         Guru mengucapkan salam dan menyapa kabar anak
·         Guru meminta salah satu anak untuk memimpin doa untuk memulai  pelajaran
·         Guru menjangkau pengetahuan anak terkait dengan tema yang akan dibahas pada hari itu
·         Guru menyebutkan tema pada hari  itu
·         Guru menjelaskan urutan nama-nama hari kepada anak
·         Guru menerangkan konsep hari pada anak misalnya : Hari ini Senin, kemaren Minggu, besok Selasa, dan lusa Rabu
·         Guru memasukkan salah satu kartu nama hari pada kantong. Misalnya : pada kantong hari ini : Selasa
·         Anak diminta untuk menyebutkan hari sebelumnya, esok, dan lusa
·         Anak mengganti nama-nama hari sesuai dengan konsep hari yang ada.
·         Anak diminta kembali menyebutkan nama-nama hari
·         Guru dan anak mendiskusikan kegiatan satu hari yang dilakukan

e.       Aspek yang dikembangkan dari alat permainan papan hari
a.       Kognitif
ketika anak menyebutkan urutan nama-nama hari, maka kognitif anak berkembang
anak mampu membedakan konsep kemarin, hari ini, besok dan lusa
b.      Afektif
Ketika anak berhasil menyebutkan urutan nama-nama hari dengan benar, apalagi jika diiringi dengan lagu maka anak akan merasa senang
c.       Psikomotor
Motorik anak akan berkembang ketika anak memasukkan nama-nama hari ke kantong nama hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar