ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE)
a.
Fungsi
·
Mengenal
penambahan-pengurangan
·
Membilang
·
Konsep
sama- tidak sama
b.
Alat dan Bahan
1.
Kardus
2.
Karton
3.
Isolatif
4.
Spidol,
Krayon, Pensil Warna
5.
Kantong
Plastik ukuran ½ kg 3 buah
c.
Cara Membuat
·
Rumah
Kardus
ü
Potong
kardus berbentuk rumah dan warnai
ü
Tempelkan
kantong plastik dengan isolatip disekeliling kecuali bagian atas, sehingga
membentuk saku kantong sebanyak 3 buah
ü
Beri
tanda + diantara kantong 1&2 dan tanda = diantara 2&3
·
Kartu
Gambar
ü
Potong
karton dengan ukuran lebih besar ukuran kantong plastik
ü
Buat
gambar bunga, buah dan lainnya sesuai dengan konsep bilangan yang akan
diajarkan, misalnya 1 sampai dengan 10
d.
Cara Menggunakan atau Langkah Kegiatan
·
Letakkan
rumah hitung yang dapat dilihat oleh anak
·
Kenalkan
rumah hitung pada anak
·
Letakkan
kartu gambar pada kantong pertama dan kedua, kemudian minta anak untuk
menghitung gambar yang ada pada kartu
·
Setelah
kartu pada kartu pada kantong pertama dan kedua diletakkan kemudian minta lah
anak untuk menjumlahkan kartu gambar yang ada pada kantong 1 & 2
·
Anak
memasukkan kartu hasil dari penambahan.
·
Guru
dan anak membahas kegiatan yang dilakukan selama satu hari
·
Anak
diminta untuk menceritakan kembali apa-apa saja yang telah dipelajarinya
e.
Aspek-aspek yang dikembangkan dari anak
a.
Kognitif
Anak dapat berhitung, menjumlah dan mengurang serta mengenal konsep
sama dan tidak sama.
Melatih konsentrasi anak
b.
Afektif
Ketika anak berhasil menjawab pertanyaan dengan benar maka anak
akan merasa senang
c.
psikomotor
motorik halus anak berkembang ketika anak berhitung sambil
menunjukkan gambar serta meletakkan gambar pada rumah hitung
2.
MENYUSUN MENARA
a.
Fungsi
·
Melatih
koordinasi mata dan tangan
·
Melatih
emosi
·
Mengenal
konsep besar dan kecil
·
Mengurutkan
benda berdasarkan ukuran dan warna
b.
Alat dan Bahan
1.
Karton
tiga dimensi/ kertas pelangi/ kertas warna
2.
Lem
3.
Gunting
4.
Penggaris
c.
Cara Membuat
·
Buat
jaring-jaring kubus pada kertas karton dengan ukuran sisi-sisinya 2 cm, 4 cm, 6
cm, 8 cm,dan 10 cm.
·
Gunting
kertas tersebut sesuai dengan pola
·
Lipat
sisinya agar mudah dibentuk
·
Lem
sisi kubus tersebut sehingga menjadi sebuah kubus
·
Buatlah
dengan cara yang sama dengan ukuran dan warna yang berbeda pada kubus lainnya.
d.
Cara Menggunakan
·
Guru
menyapa anak dan menanyakan kabar anak
·
Guru
mengadakan apersepsi atau menjangkau pengetahuan anak terkait dengan tema yang
akan dibahas.
·
Guru
meminta salah satu anak untuk memimpin doa untuk memulai pelajaran.
·
Kenalkan
kubus pada anak
·
Tempatkan
kubus didepan dengan urutan acak
·
Kenalkan
konsep warna pada anak
·
Mintalah
anak untuk menyusun kubus dari ukuran terbesar sampai terkecil sehingga
membentuk menara
·
Selanjutnya
anak di bagi menjadi dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 5 orang
·
Anak
berlomba menyusun menara, dimana kubus-kubus tersebut diletakakkan digaris
star.
·
Anak
pertama memilih menara yang ukurannya paling besar untuk diletakkan pada posisi
pertama dengan jalan berjinjit.
·
Apabila
anak pertama telah sampai kegaris finish dan meletakkan kubus tersebut, maka
dilanjutkan dengan anak kedua untuk memilih kubus sesuai dengan urutan dan
warna yang sama.
·
Begitu
seterusnya hingga kubus berhasil tersusun seperti menara
·
Anak
yang berhasil menyusun menara terlebih dahulu akan menjadi pemenang.
·
Guru
meminta salah satu anak untuk menceritakan apa yang telah dipelajarinya
e.
Aspek yang dikembangkan
a.
Kognitif
Anak mampu mengurutkan kubus-kubus/ menara dari
yang paling besar sebagai dasar menara dan yang paling kecil sebagai
ujung/puncak menara.
Anak mengenal
konsep warna dan dapat membedakan warna.
setelah menara
selesai disusun anak menghitung jumlah menara (berapa buah kubus yang ada
b.
Afektif
Melatih kesabaran anak ketika anak satu persatu menyusun menara
hingga mencapai puncak .
Melatih kejujuran anak ketika ada
menara yang disusun tidak sesuai dengan peraturan permainan.
Kerja sama
dalam tim, jika anak yang satu gagal menusun menara, atau menjatuhkan menara,
maka akan menyulitkan pemain sesudahnya, jadi disini dituntut kerjasama dan kekompakan
antar anak agar meyusun menara dengan benar
c.
Psikomotor
Motorik halus anak akan berkembang ketika anak menyusun menara
Motorik kasar anak berkembang jika permainan menyusun menara
disertai dengan perlombaan berlari dari titik A ke titik B tempat menara akan
disusun.
3.
PAPAN KONSEP HARI
a.
Fungsi
·
Menyebutkan
nama-nama hari
·
Mengenal
konsep waktu kemarin, hari ini, besok dan lusa
b.
Alat dan Bahan
1.
Karton
2.
Kantong
Plastik
3.
Tali,
Isolatif
4.
Spidol,
pensil Warna
c.
Cara Membuat
·
Siapkan
alat dan bahan yang dibutuhkan
·
Gunting
karton dengan ukuran 65x40 cm
·
Tulis
konsep hari ; kemarin, hari ini, besok, dan lusa
·
Gunting
karton ukuran 11 cm sebanyak 7 lembar dan tuliskan nama hari dalam seminggu
·
Beri
tali pada karton agar dapat digantung
·
Tempelkan
plastik tepat dibawah konsep hari dengan isolatif pada ketiga sisi kecuali
bagian atas
d.
Cara Menggunakan atau Langkah Kegiatan
·
Guru
mempersiapkan anak untuk memasuki kelas
·
Guru
mengucapkan salam dan menyapa kabar anak
·
Guru
meminta salah satu anak untuk memimpin doa untuk memulai pelajaran
·
Guru
menjangkau pengetahuan anak terkait dengan tema yang akan dibahas pada hari itu
·
Guru
menyebutkan tema pada hari itu
·
Guru
menjelaskan urutan nama-nama hari kepada anak
·
Guru
menerangkan konsep hari pada anak misalnya : Hari ini Senin, kemaren Minggu,
besok Selasa, dan lusa Rabu
·
Guru
memasukkan salah satu kartu nama hari pada kantong. Misalnya : pada kantong
hari ini : Selasa
·
Anak
diminta untuk menyebutkan hari sebelumnya, esok, dan lusa
·
Anak
mengganti nama-nama hari sesuai dengan konsep hari yang ada.
·
Anak
diminta kembali menyebutkan nama-nama hari
·
Guru
dan anak mendiskusikan kegiatan satu hari yang dilakukan
e.
Aspek yang dikembangkan dari alat permainan papan hari
a.
Kognitif
ketika anak menyebutkan urutan nama-nama hari, maka kognitif anak berkembang
anak mampu membedakan konsep kemarin, hari ini, besok dan lusa
b.
Afektif
Ketika anak berhasil menyebutkan urutan nama-nama hari dengan
benar, apalagi jika diiringi dengan lagu maka anak akan merasa senang
c.
Psikomotor
Motorik anak akan berkembang ketika anak memasukkan nama-nama hari
ke kantong nama hari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar